Mengenal Topologi Jaringan yang Dapat Anda Gunakan

Mengenal Topologi Jaringan yang Dapat Anda Gunakan – Saat mengenal istilah jaringan komputer, maka Anda juga akan mengenal topologi dari jaringan tersebut. Saat ini sendiri kebanyakan orang yang menggunakan jaringan ini kurang paham mengenai apa itu topologi. Itulah mengapa, sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari pengertian dan jenis-jenisnya agar lebih mudah saat memilihnya.

Jenis Topologi Jaringan yang Dapat Digunakan

Peccs – Jika diartikan secara singkat, maka topologi jaringan komputer merupakan sebuah desain yang akan menentukan bagaimana paket data maupun informasi dapat ditransmisikan antar komputer dalam sebuah jaringan. Untuk pembuatan jaringan LAN sendiri terdapat beberapa jenis topologi yang dapat Anda gunakan. Diantaranya seperti di bawah ini:

1. Ring
Merupakan salah satu jenis topologi kuno. Akan tetapi, Anda tidak boleh meragukan topologi yang satu ini. Pasalnya, penggunaannya sendiri terbilang cukup efektif terutama dalam menghandle pembuatan jaringan lokal dari komputer yang sedikit jumlahnya. Ring ini sendiri nantinya akan memungkinkan informasi atau paket data dapat diakses oleh komputer dalam siklus tertentu.
Lantas, apa saja keuntungan saat menggunakan topologi yang satu ini? Saat menggunakannya, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk menghemat kabel. Tidak hanya itu saja, penggunaannya juga terbilang cukup murah. Anda juga dapat menghindari adanya tabrakan file data yang dikirim. Pasalnya, data tersebut akan mengalir satu arah.

Bus topologi

2. Bus
Topologi yang satu ini adalah salah satu yang paling murah diantara yang lainnya. Hal ini tidak lain karena topologi tersebut hanya akan menggunakan kabel serta konektor saja untuk membangun jaringan lokal yang diperlukan.
Topologi yang satu ini juga memiliki banyak keunggulan saat digunakan. Seperti dapat menghemat penggunaan kabel, layout kabel juga akan jauh lebih sederhana pemakaianya. Apabila salah satu komputer mati, maka tidak akan mengganggu komputer lain yang masih hidup. Tidak hanya itu, topologi yang satu ini juga terbilang sangat mudah untuk dikembangkan lagi.

3. Star
Jenis topologi yang satu ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat terutama pada jaringan lokal. Topologi star juga dapat memungkinkan sebuah server memberikan pelayanan lebih dari dua komputer meski hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang bersamaan. Hal ini tidak lain karena digunakannya bantuan perangkat keras jaringan.
Keunggulannya sendiri adalah memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Lebih mudah saat ingin menambahkan komputer tanpa perlu mengganggu jaringan yang lainnya. Controlnya sendiri sangat terpusat, dengan begitu akan lebih mudah untuk mengelola jaringan.

4. Mesh
Merupakan salah satu jenis topologi yang dapat memungkinkan setiap komputer melakukan feedback. Akan tetapi, jenis Mesh yang satu ini terbilang kurang cocok jika diterapkan dalam jaringan LAN yang besar. Pasalnya, tentu akan membuat pengawasan menjadi lebih sulit. Adapun kelebihannya yakni dapat menampung banyak pengguna yang aktif.

5. Free
Topologi yang satu ini akan memungkinkan beberapa jaringan lokal kecil dapat digabungkan. Dengan begitu, sebuah jaringan akan menjadi satu kesatuan yang jauh lebih besar. Topologi yang satu ini juga dapat menghubungkan komputer jaringan dengan tingkatan yang berbeda sekalipun.

Saat menggunakan topologi yang satu ini, maka akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan manajemen control. Pasalnya, topologi yang satu ini sudah dibuat dengan sifat terpusat serta dapat berbagi antar jenjang tingkatan. Selain itu juga dapat mendukung hardware maupun software sebuah perusahaan.

Baca juga : Mengenal Pengertian Jaringan Komputer dan Berbagai Fungsinya

Itu tadi beberapa informasi mengenai topologi jaringan komputer yang dapat Anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa informasi tersebut, tentu tidak akan sulit lagi bagi Anda yang ingin memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan komputer tersebut.